Thursday, April 2, 2015

Dream Wedding

Dear Luna,
Bahkan dari masih kecil pun,  aku bukan tipe yang pernah ngebayangin kalo  nikah ntar maunya gimana sih. Tapi duluuuu, waktu mau nikah, aku & R udah pernah bikin planning buat acara kita. Jadi planning itu aja yang aku ceritain di sini.

Berhubung kita berdua demen baca, jadi rencananya bikin bookish wedding theme. Sebenarnya sih pengen nikah di Gramedia gitu, tempat kita berdua suka nongkrong berjam-jam. Tapi gak boleh ternyata. Ya udah....tema bukunya aja yang dibikin. Ide kita gak ada yang orisinal kok. Semuanya nyontek dari internet juga.

Tamu direncanakan sedikit aja. Cuma keluarga dan teman-teman. Pengennya sekitar 150 orang aja, maksimal 250 lah sudah termasuk partner dan anak-anak. Makanya berani bikin dekor macem-macem. Toh gak butuh banyak.

Undangannya pake cover buku penguin classic. Dalamnya ada sketsa dan 'cerita pendek' kami (boleh lah ya narsis dikit). Konsepnya kayak gini lah :


Rencana venue-nya di Bumi Harum Manis ato paling gak Rumah Saya-lah. Konsepnya pesta kebun, dibikinnya sore jadi gak panas-panas amat dan gak banyak nyamuk. Akadnya sih pagi hari di situ juga, tapi untuk akad cuma undang keluarga langsung aja.
Rencananya gantung lampion warna warni di pohon sama gantung buku-buku. Yaa...seperti penggabungan 2 hal ini lah :


Terus dekor lainnya ada marka jalan yang ngambil dari tema pesta minum teh-nya si Mad Hatter dari Alice in the Wonderland. Soalnya kami doyan teh dan selalu mupeng ikutan Mad Hatter's tea party.


Untuk meja para tamu juga masih terinspirasi Mad Hatter tea party. Kursinya sih kursi kayu biasa berlapis bantal vintage. Terus cangkirnya juga model cangkir vintage jaman Victoria biar kesan british-nya Mad Hatter tetap ada. Cangkirnya bakal beda-beda design di tiap meja. Malah kalo bisa, tiap orang cangkirnya beda design juga, Soalnya kami rencana cuma beli 1 set, sisa cangkir lain minjem punya orang tua dan keluarga yang lain. Biar irit dan 'rame'. Di tiap gelasnya ada hiasan yang beraura Alice in Wonderland.


Untuk center piece di tiap meja tamu, bakal ditumpuk beberapa buku. Dan dihias dengan bunga kertas (kayak yang ada di atas buku) dan buah kayak apel, anggur, jeruk. Bukunya dipilih yang bagus dong. Jadi kalo ada tamu yang males bersosialisasi ato ngerasa bosen, dipersilakan membaca bukunya. Asal jangan dibawa pulang aja karena itu buku-buku koleksi pribadi X). Bunga kertasnya bikin sendiri aja. Ada tutorialnya di internet.


Gak pake pelaminan yang 'panggung' gitu, Rencananya mo naro sofa gaya bohemian aja yang empuk dan cozy untuk dipake baca. Sofanya gak beli. Minjem dari rumah bokapnya R aja. Paling ntar diganti pelapisnya biar kinclong. Dulu aku naksir sama model kain pelapis yang kayak gini :


Di depan sofa cuma naro meja kayu bulat kecil aja gaya vintage (lagi-lagi, mejanya gak beli. Ambil dari rumah aja). Di atas meja ditaro tumpukan buku dengan vas quirky ala Mad Hatter (iya...yang ini beli) dan rangkaian bunga kertas (bikin sendiri). Bukunya spesifik kalo di meja ini. Kudu buku Pride & Prejudice-nya Jane Austen sama koleksi komik Superman-nya R.


 

Trus di kiri kanan sofa ada rak buku dari kayu yang beneran diisi buku tentunya. Rak buku kayak gini juga ada di pojok-pojok lapangan nanti. Jadi tamu yang ngerasa buku di mejanya gak menarik, bisa ngambil buku lain di rak, (Ini mo kondangan ato ngajak orang baca sih?) Raknya dipesan, karena emang niatnya buat dipake abis acara. Model raknya kurang lebih kayak di bawah. Idenya diambil dari blognya Jessica Clare. Tapi gak pake bunga-bunga di atas. Cukup rak aja dan bukunya disusun rada berantakan, ditambah pot bunga.



Baju mah standar aja kok : baju bodo (aku) dan jas tutup (buat R) sama sarung bugis. Karena waktu itu Mama bilang terserah lah acara di Jakarta mo dibikin kayak apa, yang penting harus pake baju adat bugis. Bajunya sih nuansa warna biru-item dan putih-item. Karena R kekeuh harus ada warna Juve di acara, ya aku juga pengen warna Inter ada juga. Nah lho...

Untuk makanan, aku belum kepikiran sih waktu itu. Ngikutin katering dari venue-nya aja. Aku malah kepikiran sama dessert dan snack-nya. Pengennya sih naro gumball machine, tapi ntar diisi jelly bean segala rasa-nya Bertie Botts, terus bikin limun jahe dan butterbeer abal-abal (resepnya ambil di internet). Waktu itu udah gugling resep dan praktek segala X)). Sama kue-kuenya dikasi hiasan yang bertema Alice in Wonderland. 


Kalo wedding cake-nya yang simpel aja. Layer cake dengan teks yang diprint ke kue. Kayak gambar di bawah, Tapi kuenya 2 tingkat aja. Dan puisi yang di-print ke cake jelaslah puisi Aku Ingin-nya Sapardi Djoko Darmono.


Suvenir wedding-nya ada 2 jenis : tote bag dengan design cover buku ato kutipan dari buku ato apapun yang berhubungan dengan buku deh. Satu lagi mug yang berhubungan dengan buku juga. Untuk mug, design-nya udah fix pake kutipannya CS Lewis. Waktu itu sih niat mo masukkin beberapa kantung teh ke mug. Karena kita berdua demen teh, and hey...what's a reading without a cup of tea, right?

Rencananya ada foto booth buat tetamu. Selain difoto layaknya di foto booth kawinan, bakal ada foto polaroid juga. Fotonya bisa ditempel dan ditulisin pesan ato apalah buat pengantin.


Untuk musik, belum dibikin song list-nya waktu itu. Yang pasti ada I Got You, Babe-nya UB 40 karena itu lagu kebangsaan kami. Maksudnya lagu kebangsaan karena suka duet nyanyi lagu itu di karaokean.

Tempat cincinnya gak pake kotak perhiasan ato apalah itu. Cuma ditaro di atas buku yang terbuka aja. Bukunya harus Taiko doong. Karena cerita kami dimulai dari buku itu. Taiko-nya bakal diangin-anginin biar kuning dan sedikit di-'bakar' biar ada kesan vintage-nya gitu. 


Dann...udah sih (^_^"). Perencanannya cuma ampe situ aja sebelum terhenti karena negara api menyerang. Semua rencana pun buyar. Taiko-nya dijual, semua mawar kertas yang udah dibikin juga dibuang, padahal bikinnya capek. Nyesel juga sih dulu terlalu dramatis :|
Yang masih ada sekarang cuma mug yang udah terlanjur dibikin untuk contoh dan toples ala Mad Hatter ini. Somehow aku sayang hibahin toples ini. Lucu sih. :D


Kalo sekarang sih, mikirnya males ya ribet ngerencanain wedding kayak gitu lagi. Sekarang malah kepikirnya nikah tamasya aja biar sekalian travelling. Tapi kalo aku jawab nikah tamasya aja di kuismu kan bakal singkat banget jawabanku. Mana enaakk #lah.
Lagian sekalian mo curcol aahh. Hahahaha....
Makasi yaa, Lun. Udah bikin kuis yang bisa jadi ajang curcol dan melepaskan memori. :)


5 comments:

  1. Laaahh...kok kelean pada pasang emot :( ini? Aku aja nggak x)
    kmrn wkt nulis sempat mellow kok. Sekarang mah udah biasa lagi.

    ReplyDelete
  2. Keren banget mbak, semoga suatu saat ada yg bisa membuat semangat bikin seperti ini lagi (trus ini boleh dicontek ga? *eh)

    ReplyDelete
  3. Di-amin-in aja, zee. :))
    Boleh aja dicontek. Toh ini juga banyak nyonteknya. Hayooo....kamu mau nyonteknya sama sapa?

    ReplyDelete